Menu

Mode Gelap

News

Banjir Bireuen, Aceh Telan Korban, Dua Tewas


					Banjir Bireuen, Aceh Telan Korban, Dua Tewas Perbesar

BIREUEN | Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bireuen, menyebabkan dua warga meninggal dunia. Berdasarkan informasi yang diperoleh, korban yang meninggal dunia itu akibat terseret arus dan tersetrum aliran listrik.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, korban telah dievakuasi oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireun.

“Korban yang meninggal dunia telah dievakuasi oleh tim BPBD Bireuen,” ujar Abdul Muhari, Sabtu, 19 November 2022.

Abdul menambahkan, banjir tersebut merendam 19 desa di Kecamatan Makmur dengan tinggi muka air 20-50 sentimeter, wilayah Desa yang terdampak meliputi Blang Dalam, Pandak, Mon Ara, Ulee Gle, Blang Mane, Mereubo, Matang Kumbang, Blang Perlak, Panton Mesjid, Sukarame, Lepehan Masjid, Blang Kuthang, Cot Kruet, Buket Selamat, Tringgadeng, Leubu Mesjid, Kuta Barat, Leubu Cot dan Leubu Me.

Laporan terkini dari BPBD Kabupaten Bireun, banjir berangsur surut di Desa Ulee Gle. Namun hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bireun.

Baca Juga  Hadiri Rakornas Investasi 2022, Pj Walikota Imran : Dengar Keluhan Investor

“Menyikapi hal itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau kepada seluruh unsur pemerintah daerah dan masyarakat agar dapat mengantisipasi adanya potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh fenomena cuaca ekstrem,” tutur Abdul.


Tambahnya, upaya seperti pemantauan kondisi sungai, pembersihan sampah maupun material lain yang dapat menyumbat aliran air, monitoring kondisi tanggul, jalan dan jembatan hingga pemantauan debit air saat terjadi hujan lebat disarankan perlu dilakukan secara berkala.

“Guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana susulan, masyarakat di sepanjang aliran sungai agar melakukan evakuasi mandiri sementara, jika terjadi hujan menerus dengan intesitas tinggi selama lebih dari satu jam,” katanya.

|BPBD

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Pj Bupati Lepas 117 Atlet Aceh Utara ke PORA Pidie

1 December 2022 - 18:08

Aceh Utara Ingkar Janji, Tidak Beri Bonus untuk Lifter Nurul Akmal

29 November 2022 - 18:29

Berkali-kali Gajah Rusak Kebun Warga di Aceh Timur, Pemerintah Bisa Apa?

27 November 2022 - 15:06

Kasus Luar Biasa Polio di Pidie jadi Sorotan Media Asing, Ini Langkah IDI Aceh

24 November 2022 - 17:33

Longsor, Jalan Nasional Macet Parah di Aceh Tamiang

20 November 2022 - 14:08

Banjir Kembali Kepung Aceh Utara, Akses Antar Kecamatan Putus Total

19 November 2022 - 16:54

Trending di News