Menu

Mode Gelap

Luar Negeri

Dinilai Langgar Syariat Islam, UNHCR dan Ratusan Rohingnya Diminta Segera Keluar dari Aceh


 Dinilai Langgar Syariat Islam, UNHCR dan Ratusan Rohingnya Diminta Segera Keluar dari Aceh Perbesar

LHOKSEUMAWE- Puluhan warga Gampong Ulee Blang Mee, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe mengelar aksi penolakan pengungsi Rohingya di depan bekas Kantor Imigran, Kamis (8/12).

Para aksi itu membawa poster bertuliskan penolakan keberadaan pengungsi Rohingya dan memprotes sejumlah lembaga yang menangani pengungsi tersebut.

Koordinator aksi, Beni Murdani mengatakan penolakan itu dikarenakan pengungsi Rohingya sangat menggangu aktivitas warga serta tidak menghargai kearifan lokal.

“Keberadaan mereka di eks kantor imigrasi Lhokseumawe baik itu laki-laki dan perempuan sangat menggangu aktivitas warga dan tidak menghargai kearifan lokal serta bertolak belakang penerapan syariat Islam di Aceh,”katanya.

Sehingga para aksi melakukan pernyataan sikap dengan menuntut UNCHR selaku lembaga menangani pengungsi tersebut agar mereka segera merelokasi Pengungsi Rohingya ke lokasi lainnya.

“Jika dalam jangka waktu tiga hari tuntutan tidak dipenuhi, maka kami akan melakukan aksi kembali dengan jumlah peserta aksi lebih banyak,”katanya.

Staf UNHCR, Hendrik C Therik mengatakan pihaknya segera melaporkan kepada pimpinan terkait tuntutan warga meminta pengungsi Rohingya direlokasi ke tempat lain.

Baca Juga  Sebulan di Laut, 57 Rohingya Akhirnya Terdampar di Aceh Besar

“Terkait penanganan pengungsi Rohingya buka tugas UNHCR saja, melainkan Pemerintah dan Lembaga Kemanusiaan Internasional maupun lokal,”katanya

Untuk diketahui, Sebanyak 229 pengungsi Rohingya itu kini ditampung sementara di bekas kantor imigrasi setelah mendapatkan izin dari Dirjen Keimigrasian RI.

Sebelumnya sebanyak 110 pengungsi Rohingya terdampar di perairan Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara. Keesokan, sebanyak 119 warga Rohingya kembali terdampar di perairan Gampong Bluka Teubai, Kecamatan Dewantara.

|MUMUL

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tu Sop Jeunieb Serahkan Bantuan HUDA Peduli Turkiye Sebesar Rp 223.091.000

15 April 2023 - 15:58

Selama di Lhokseumawe, 7 Kali Rohingya Kabur dari Penampungan

1 January 2023 - 15:06

Sebulan di Laut, 57 Rohingya Akhirnya Terdampar di Aceh Besar

25 December 2022 - 15:06

Lagi, 4 Rohingya Kabur dari Penampungan Lhokseumawe

20 December 2022 - 16:14

Polisi Cegat 3 Penjemput Rohingya Kabur dari Lhokseumawe

15 December 2022 - 13:41

Puluhan Rohingya Kabur dari Penampungan Lhokseumawe

14 December 2022 - 14:51

Trending di Luar Negeri