Menu

Mode Gelap

blog

DPR Didesak Intensifkan Pengawasan Netralitas Pj Kepala Daerah


 DPR Didesak Intensifkan Pengawasan Netralitas Pj Kepala Daerah Perbesar

JAKARTA – Dalam sorotan terbaru, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendapatkan seruan untuk memperkuat pengawasan terhadap netralitas Penjabat (Pj) Kepala Daerah. Meskipun tengah sibuk dengan isu netralitas TNI-Polri, kekhawatiran muncul setelah terungkapnya pakta integritas yang dilakukan oleh Pj Bupati Sorong, Yan Piet Moso, yang diduga bertujuan untuk mendukung calon tertentu.

Pakta integritas seperti itu menjadi sorotan utama karena mencerminkan potensi praktik serupa di seluruh Pj Kepala Daerah. Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti, menegaskan perlunya penanganan khusus terhadap netralitas Pj Kepala Daerah.

Ray Rangkuti mengusulkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Netralitas yang melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH), Aparat Sipil Negara (ASN), dan Pj Kepala Daerah dalam konteks Pemilu 2024. Dengan wewenang pembahasan pemilu berada di Komisi II, dialog yang melibatkan perwakilan dari berbagai komisi terkait dianggap sebagai langkah yang tepat.

“Pembentukan Pansus Netralitas ini sangat penting agar kita dapat memastikan integritas dan netralitas dalam proses pemilu mendatang. Diperlukan sinergi antar lembaga terkait untuk menghindari potensi pelanggaran netralitas yang merugikan proses demokrasi,” ungkap Ray Rangkuti pada Selasa (21/11).

Baca Juga  PPP Siapkan Evaluasi untuk Meningkatkan Elektabilitas Ganjar-Mahfud

Seruan ini dianggap sebagai langkah preventif untuk menjaga integritas pemilu dan memastikan bahwa Pj Kepala Daerah beroperasi dalam kerangka yang adil dan netral, sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang mendasari proses pemilihan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Offenbach Huren – Erlebe Sinnlichkeit

9 June 2024 - 07:00

Serangan Massif Terhadap Gibran Membawa Keuntungan, Elektabilitasnya Terus Melonjak

16 November 2023 - 07:00

Dugaan Kecurangan Pemilu di Penjara: Anggota DPR RI Gerindra Mencurigai Pergantian Kalapas

9 March 2023 - 15:15

PPP Siapkan Evaluasi untuk Meningkatkan Elektabilitas Ganjar-Mahfud

8 March 2023 - 16:58

Trending di blog