Menu

Mode Gelap

Parlemen

DPRD Aceh Utara Inisiasi Qanun Satu Perawat Satu Desa


 Tajuddin Perbesar

Tajuddin

ACEH UTARA – DPRD Kabupaten Aceh Utara, memasukan rancangan peraturan daerah (Perda) dalam bahasa lokal disebut Qanun tentang satu desa satu perawat. Kebijakan itu diambil untuk memastikan seluruh desa terlayani sektor kesehatan dasar.

“Kami punya 852 desa tersebar di 27 kecamatan. Terlalu luas, maka kita pastikan satu desa harus ada satu perawat. Sehingga layanan kesehatan dasar bisa ditangani di tingkat desa,” kata anggota Badan Legislasi DPRD Aceh Utara, Tajuddin, Sabtu (3/11/2022).

Rancangan peraturan daerah itu dimasukan menjadi inisiatif DPRD dalam program legislatif daerah 2023.

Dia menyebutkan, rancangan peraturan lainnya tentang perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Kebijakan ini untuk memastikan guru dan staf di seluruh sekolah dalam kabupaten itu terproteksi dari sisi hukum.

“Jangan sampai nanti, karena ada keberatan dari orangtua murid dalam sistem pendidikan, berbuntut ke kasus hukum. Kita ingin memastikan guru dan staf di sekolah aman,” terang Wakil Ketua Komisi V, DPRD Aceh Utara ini.

Sisi lain, proteksi ini untuk memastikan agar dinas pendidikan hadir untuk mengawal nasib guru di seluruh sekolah dalam kabupaten itu. Terakhir, untuk inisiatif DPRD Aceh Utara, peraturan lainnya yaitu tentang pencegahan dan pengendalian penyakit.

Baca Juga  InsyaAllah Dana PI Aceh Utara Cair Mei 2023

“Pencegahan dan pengendalian penyakit ini khusus untuk orang. Misalnya, ada penyakit menular, itu harus ditangani secara serius dan diatur dalam regulasi daerah, karena akan berbuntut pada biaya penanganan,” terang politisi Partai Aceh itu.

Setelah proses pengesahan rancangan program legislasi daerah, akan dilanjutkan dengan pembuatan naskah akademik untuk ketiga rancangan peraturan tersebut.

“Tentu melibatkan partisipasi aktif dan masukan dari masyarakat. Sehingga aturan ini benar-benar bermanfaat untuk rakyat,” pungkasnya.

|DIMAS |KOMPAS

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

TA Khalid Bagikan 2,5 Ton Ikan Segar di Aceh Utara

11 April 2023 - 17:07

TA Khalid Ajak Kementan Kembangkan Sapi Lokal Aceh

2 March 2023 - 20:03

Soal Mosi tak Percaya Pj Bupati Aceh Utara, Tajuddin : Jangan Bikin Gaduh, Sekarang Masa Pengawasan

2 March 2023 - 19:58

Pengacara Senior : Mosi Tak Percaya Anggota DPRK ke PJ Bupati Terlalu Sumir

1 March 2023 - 14:55

Peresmian Pabrik Baru, TA Khalid Ingatkan PT PIM Utamakan Tenaga Kerja Aceh

11 February 2023 - 12:06

Dicky Saputra Gabung Partai Gelora

16 January 2023 - 12:14

Trending di Parlemen