Menu

Mode Gelap

Wisata

Ini Lokasi Jualan Durian Montong di Lhokseumawe


 Ini Lokasi Jualan Durian Montong di Lhokseumawe Perbesar

LHOKSEUMAWE | Para penikmat durian kini bisa mencicipi durian montong yang dijual di Desa Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Durian ini dibandrol Rp 50.000 per kilogram lengkap dengan kulitnya.

Durian itu dibeli dari kebun petani, Tarmizi, di Kawasan Kilometer Delapan, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara. Di lokasi itu, hanya dijual durian saja.

“Setiap hari dibawa dari kebun kemari. Jadi, kalau beli di kebun itu jauh lebih murah Rp 10.000,” sebut Fani, pedagang durian itu, Minggu (19/12/2022) malam.

Kebun ini sekitar satu jam berkendara jalan darat dari Kota Lhokseumawe.

Rasa durian montong ini mirip durian kampung. Gurih, manis dan nikmat. Manisnya cenderung lebih natural. Tidak seperti pemanis buatan.

Dalam sehari, Fani bisa menjual 100 kilogram durian montong. “Di sini satu-satunya lokasi untuk jualan durian montong,” sebutnya.

Dalam sebutir, durian itu paling kecil dengan berat dua kilogram. Bahkan ada juga yang lima hingga tujuh kilogram. Untuk memastikan rasa, Fani bersedia mencungkil durian itu.

Baca Juga  PMI Lhokseumawe dan Duta Wisata Gelar Aksi Bersih Kota

“Jika tawar, atau tidak matang, kita ganti,” katanya.

Secara umum, sambung Fani, durian montong nyaris tidak pernah tawar. Namun untuk memastikan pada pelanggan, dirinya bersedia mencungkil durian, lalu dirasa pembeli baru ditimbang.

Salah seorang pembeli, Nur Kemala, menyebutkan dirinya membeli durian itu karena lebih pasti kualitasnya. “Saya lebih suka montong dibanding musang king. Rasa montong lebih natural, lebih cocok di lidah. Karena mirip dengan durian kampung,” terangnya.

Nah, jika anda melintas di jalur Medan-Banda Aceh, maka lihatlah ke kiri jalan Desa Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Kios sederhana di sana akan diatur durian, itulah lokasi jualan durian montong satu-satunya di Kota Lhokseumawe. Selamat mencoba.

|KOMPAS

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Masjid Sulthan Malikussaleh Sediakan Menu Berbuka untuk Para Musafir

28 March 2023 - 16:05

Dari Ketinggian Grand Arabia Hotel, Tempat Ternyaman Berbuka Puasa di Banda Aceh

28 March 2023 - 15:55

Yuk Buru Diskon di Arabia Group Aceh dan Rasakan Sensasi Wisata Ramadhan

7 March 2023 - 11:14

Nah Lo, Waduk Lhokseumawe Tutup 3 Bulan

17 February 2023 - 15:30

Lukub Badak Aceh, Destinasi Arung Jeram, Rute dan Biaya

6 February 2023 - 13:43

PMI Lhokseumawe dan Duta Wisata Gelar Aksi Bersih Kota

5 February 2023 - 15:22

Trending di Wisata