Menu

Mode Gelap

News

Presiden Persiraja Laporkan Arya Sinulingga ke Bareskrim Mabes Polri


 Presiden Persiraja Laporkan Arya Sinulingga ke Bareskrim Mabes Polri Perbesar

Jakarta – Presiden Klub Persiraja Banda Aceh, Dek Gam melaporkan anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga ke Bareskrim Mabes Polri, Senin (27/11/2023).

Ihwal perselisihan, Presiden Persiraja itu diusir petinggi Sada Sumut, Arya Sinulingga saat pertandingan Liga 2 2023 antara Sada Sumut kontra Persiraja di Stadion Baharudin, Deli Serdang Sumut, Sabtu (25/11/2023) lalu. Laga itu berakhir imbang 2-2.

Karena merasa tersinggung akibat pengusiran tersebut, Dek Gam yang juga anggota Komisi III DPR-RI itu, resmi melaporkan Arya Sinulingga ke Bareskrim Mabes Polri, Senin (27/11/2023).

Laporan Dek Gam ke Bareskrim tersebut dengan Surat Tanda Terima Laporan Polisi STTL/461/XI/2023/BARESKRIM. “Benar saya sudah melaporkan (Arya Sinulingga) ke Bareskrim terkait pencemaran nama baik dan ujaran fitnah,” kata Dek Gam.

Dari rilis resmi manajemen Persiraja yang diterima, Dek Gam mengaku alasan melaporkan Arya Sinulingga ke polisi agar ada pelajaran hukum terhadap staf khusus Menteri BUMN Erick Thohir itu. “Biar ada pelajaran hukum. Jangan terlalu sombong,” tegas Dek Gam.

Sebagai anggota legislatif Pusat l, sebelum mengambil langkah hukum itu, Dek Gam mengaku sempat berdiskusi dengan beberapa anggota Komisi III DPR RI lainnya, di mana hasil diskusi itu agar segera membuat laporan ke polisi. “Jadi dari hasil diskusi, hari ini saya disarankan untuk segera membuat laporan ke polisi,” ungkapnya.

Baca Juga  Pertandingan Arung Jeuram PORA 2022 Mulai Diperlombakan, Diikuti 115 Atlet

Harapan Dek Gam

Dek Gam juga mengungkapkan alasannya tidak merespons ketika diusir Arya Sinulingga pada laga tersebut. “Saya tidak kenal dengan dia. Makanya saya diam dan tidak merespon, memangnya siapa dia,” ujar politisi dari Partai PAN itu.

Dek Gam berharap Bareskrim Mabes Polri segera memproses laporan tersebut agar kejadian seperti itu tidak terulang lagi kepada orang lain.

“Semoga kasus ini menjadi pelajaran bagi masyarakat khususnya pejabat publik. Artinya kita harus saling menghargai, bukan memperlihatkan sifat sombong di depan umum,” tutur Dek Gam.

Berikan Penjelasan

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan penyebabnya memarahi Presiden Persiraja Banda Aceh, Nazaruddin Dek Gam di Liga 2 2023/2024.

Selain menjadi anggota Exco PSSI, Arya juga berstatus sebagai pemilik Sada Sumut yang sebelumnya bernama Karo United.

“Kenapa saya marah kepada Presiden Persiraja? Hal ini karena yang bersangkutan melakukan tindakan sangat tidak terpuji di sepak bola,” ujar Arya Sinulingga.

Imbas Pertemuan Pertama

Arya Sinulingga kesal dengan Nazaruddin Dek Gam yang disebutnya mengintimidasi wasit Muhammad Tri Santoso dalam pertemuan pertama kedua kesebelasan di Liga 2.

Baca Juga  RSUZA Bebankan Biaya Ambulans Jenazah untuk Keluarga Pasien?

Ketika itu, Persiraja yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil mengalahkan Sada Sumut 1-0 pada 30 September 2023.

Hasil sidang Komite Disiplin (Komdis) PSSI pada 5 Oktober 2023 memutuskan untuk menghukum Nazaruddin Dek Gam dengan larangan berpartisipasi dalam lima pertandingan plus denda Rp22,5 juta akibat “melakukan intimidasi dan mengucapkan kata-kata kasar kepada perangkat pertandingan.”

Intimidasi Wasit

“Dia melakukan intimidasi terhadap wasit ketika Persiraja melawan Sada Sumut di kandang mereka pada 30 September 2023,” imbuh Arya.

“Hal ini sudah ditindaklanjuti oleh Komdis PSSI pada 5 Oktober 2023 yang memutuskan Presiden Persiraja bersalah karena melakukan intimidasi kepada wasit dengan hukuman tidak boleh berpartisipasi dalam lima pertandingan,” ucap Arya.

Berdasarkan postingan di akun Instagram Persiraja, Arya menganggap bahwa Nazaruddin Dek Gam masih terlihat menonton timnya dalam periode hukuman Komdis PSSI.

Ungkapan Arya Sinulingga

Lima partai yang dilalui Persiraja setelah sanksi untuk Nazaruddin Dek Gam itu ialah melawan PSDS Deli Serdang, Semen Padang, PSPS Riau, Sriwijaya FC, dan PSMS Medan.

“Tetapi kenyataannya, Presiden Persiraja tidak pernah menjalankan hukuman karena terbukti di akun media sosial Persiraja, dia datang dan menghadiri pertandingan Persiraja melawan Sriwijaya, Semen Padang dan PSMS Medan,” papar Arya.

Baca Juga  Doa dari Petani Aceh yang Menghadapi Kekeringan Panjang...

“Jadi kalau ada yang mengatakan dia sudah menjalani hukuman lima pertandingan pada saat melawan Sada Sumut, itu sama sekali bohong. Sebab, dia tidak pernah menjalani hukuman selama lima kali tidak berpartisipasi dalam pertandingan,” terangnya.

Ungkit Laga di Kandang Persiraja

“Saya perlu luruskan juga, kejadian terjadi setelah pertandingan selesai. Silakan lihat di video dan selama pertandingan di kandang Sada Sumut, pertandingan tidak terganggu, pemain dan ofisial Persiraja satupun tidak ada terganggu, tidak ada satu buah botol air mineral pun yang melayang,” ujar Arya.

“Jangan ditanya ketika Sada Sumut bermain ke Persiraja, pemain dan ofisial kami dilempari. Jadi saya cukup memarahi orang yang tidak layak masuk stadion karena melakukan intimidasi kepada klub lawannya.”

“Bahkan sampai masuk ke ruang wasit dan mengintimidasi wasit. Apalagi sampai memelintir isu menjadi isu rasialisme dll. Sebab, ini soal penegakan hukuman di sepak bola, karena kami mau semua berjalan di relnya,” katanya.

Sumber : Bola.com

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Mendaftar ke PPP dan Gerindra, Sayuti Abubakar : Butuh Kebersamaan untuk Bangun Lhokseumawe

25 May 2024 - 22:03

Mendaftar ke PPP dan Gerindra, Sayuti Abubakar : Butuh kebersamaan untuk Bangun Lhokseumawe

Hermansyah Bahas Jalur Rempah di Konferensi ADIA 2024

20 May 2024 - 01:04

Hermansyah Bahas Jalur Rempah di Konferensi ADIA 2024

Analisis Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kenaikan Harga Pangan di Indonesia

21 March 2024 - 14:27

NetralitasTNI: Menjaga Integritas TNI dalam Pesta Demokrasi 2024

26 January 2024 - 06:22

Lhokseumawe Siaga Malam Tahun Baru, Satpol PP dan WH Siagakan 140 Personel

31 December 2023 - 19:12

PT PIM Lakukan Pengantongan Akhir Tahun, Ini Realisasi Produksi 2023

30 December 2023 - 20:05

Trending di News