Menu

Mode Gelap

News

Tantawi : Pilihan Kita Sulit, Tapi Terpaksa Dilakukan dan Sesuai PO PMI


 Tantawi : Pilihan Kita Sulit, Tapi Terpaksa Dilakukan dan Sesuai PO PMI Perbesar

Soal Kontrak 14 Personalia UDD PMI Aceh Utara Tidak Diperpanjang

ACEH UTARA | Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Utara, Tantawi, merespon pemberitaan tentang tidak diperpanjang kontrak 14 tenaga personalia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Aceh Utara.

Dia menyebutkan, kontrak personalia di PMI Aceh Utara itu diberikan oleh pengurus per tahun dengan merujuk Peraturan Organisasi (PO) PMI Nomor 03 tentang Unit Donor Darah.

“Dalam peraturan organisasi PMI itu disebutkan, baik pegawai tetap dan tidak tetap dapat diberhentikan tanpa mendapat hak pensiun atau pesangon. Saya pikir teman-teman ini lebih memahami, kan lebih lama menjadi relawan di PMI,” kata Tantawi.

Dia menyebutkan, prinsip dasar di PMI adalah relawan, khusus UDD adalah relawan yang diberikan honorarium sesuai dengan kemampuan PMI.

Sisi lain, soal defisit Rp 2,2 miliar di UDD PMI Aceh Utara, sambung Tantawi, akan terus menerus terjadi jika tidak dilakukan rasionalisasi pekerja. “Karena distribusi darah hanya 600-700 kantong per bulan. Tidak cukup bahkan untuk membiayai gaji dan pembelian bahan habis pakai seperti rigen, kantong darah dan lain sebagainya. Sekarang itu, hutang untuk pembelian kantong darah terus menerus setiap bulan,” katanya.

Baca Juga  Sebulan di Laut, 57 Rohingya Akhirnya Terdampar di Aceh Besar

Dia menyatakan, langkah pengurus untuk rasionalisasi sudah disetujui oleh PMI Provinsi Aceh dan diambil dalam rapat pleno pengurus PMI Aceh Utara pada 28 Desember 2022 lalu.

“Disepakati bahwa rasionalisasi dengan tidak memperpanjang kontrak sebagian dari pekerja. Agar bisa hemat dana dan mampu membayar gaji serta menutup hutang yang sudah ada,” terangnya.

Dia menegaskan, pilihannya hanya dua, jika tidak dilakukan langkah apa pun, maka terpaksa ditutup atau dilakukan langkah rasionalisasi.

“Maka saya minta langkah ini untuk kebaikan semua pihak. Ke depan, jika sudah sehat kembali UDD itu, tentu akan dilakukan rekrutmen sesuai syarat dan ketentuan organisasi. Namun jika belum sehat, kita mau bayar gaji pakai apa nanti, ini masalahnya,” katanya.

Dia menegaskan, jika UDD PMI Aceh Utara terpaksa ditutup karena tidak mampu membayar gaji karyawan dan hutang yang terus bertambah, maka yang dirugikan masyarakat Aceh Utara.

“Jadi ini memang pilihan sangat sulit, pil pahit ini harus kita ambil. Saya memahami juga bagaimana beratnya keputusan ini. namun ini demi kebaikan organisasi dan masyarakat Aceh Utara,” sebutnya Tantawi.

Baca Juga  Atlet Anggar Binaan KONI Aceh Wakili Indonesia Kejuaraan Asia di Uzbekistan

Terkait langkah yang dilakukan 14 tenaga personalia itu, sambungnya, pihaknya mempersilakan. “Dilaporkan ke dinas tenaga kerja, tentu kami akan memenuhi undangan jika diajak diskusi oleh dinas tenaga kerja,” pungkasnya.

Cari Sumber Dana Baru
Dia menyebutkan, pengurus juga berupaya mencari sumber dana baru untuk menutup defisit anggaran di UDD PMI Aceh Utara. “Salah satunya seperti saya sampaikan dalam pidato pelantikan, kita minta dukungan Pj Bupati Aceh Utara, Bapak Azwardi dan teman-teman DPRD Aceh Utara untuk mendukung pendanaan ke PMI Aceh Utara, sisi lain mencari dukungan CSR dari BUMN/BUMD,” katanya.

Dia meminta dukungan semua pihak, untuk segera bisa menyehatkan UDD PMI Aceh Utara.

|RIL

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Rektor Unimal: Siapa pun Ketua Umum IKA Unimal Terpilih Harus Mampu Menjembatani Alumni dengan Dunia Kerja

5 July 2024 - 12:17

Rektor Unimal: Siapa pun Ketua Umum IKA Unimal Terpilih Harus Mampu Menjembatani Alumni dengan Dunia Kerja

Mubes IKA Unimal Akan Digelar Besok di Gedung ACC Unimal

5 July 2024 - 11:33

Mubes IKA Unimal Akan Digelar Besok di Gedung ACC Unimal

Sayuti Abubakar Serahkan Rumah Bantuan Korban Kebakaran di Lhokseumawe

3 July 2024 - 20:46

Sayuti Abubakar Serahkan Rumah Bantuan Korban Kebakaran di Lhokseumawe

Enam Calon Ketum IKA Unimal Bisa Kampanye, Ini Kata Panitia

1 July 2024 - 17:42

Enam Calon Ketum IKA Unimal Bisa Kampanye, Ini Kata Panitia

Mendaftar ke PPP dan Gerindra, Sayuti Abubakar : Butuh Kebersamaan untuk Bangun Lhokseumawe

25 May 2024 - 22:03

Mendaftar ke PPP dan Gerindra, Sayuti Abubakar : Butuh kebersamaan untuk Bangun Lhokseumawe

Hermansyah Bahas Jalur Rempah di Konferensi ADIA 2024

20 May 2024 - 01:04

Hermansyah Bahas Jalur Rempah di Konferensi ADIA 2024
Trending di News

Benvenuti su Neon 54 Casino

Neon54 offre un'esperienza di gioco elettrizzante con un'ampia gamma di slot e giochi da tavolo per soddisfare tutti i gusti.