Menu

Mode Gelap

Luar Negeri

Paska Demo, Pemko Lhokseumawe : UNHCR Percepat Pemindahan Rohingya


					Paska Demo, Pemko Lhokseumawe : UNHCR Percepat Pemindahan Rohingya Perbesar

LHOKSEUMAWE | Pemerintah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh meminta agar lembaga tinggi dunia menangani pengungsian United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) untuk segera memindahkan ratusan Rohingya yang kini ditampung di Gedung Eks Imigrasi Kota Lhokseumawe.

Camat Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Ridha Fahmi, per telepon, Jumat (9/12/2022) menyebutkan, sejak awal warga lokal di lokasi gedung Eks Imigrasi Lhokseumawe sudah menyatakan keberatan akan keberadaan pengungsi itu.

“Petisi itu sejak awal, dan kemarin sudah terjadi demonstrasi. Nah, kita juga sudah sampaikan ke UNHCR agar segera dilakukan langkah-langkah pemindahan,” kata Ridha.

Dia menyatakan, petisi resmi dari warga sudah diterima UNHCR untuk dibahas dilevel yang lebih tinggi dengan otoritas Indonesia.

“Semoga segera ada titik temu. Sehingga tidak menjadi masalah berkelanjutan di Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe,” pungkas Ridha.

Sebelumnya, puluhan warga lokal  uluhan warga Desa Ulee Blang Mee, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh mengelar aksi penolakan pengungsi Rohingya di depan bekas Kantor Imigran Kota Lhokseumawe, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga  Dinilai Langgar Syariat Islam, UNHCR dan Ratusan Rohingnya Diminta Segera Keluar dari Aceh

Mereka meminta agar organisasi penanganan pengungsi UNHCR memindahkan 229 rohingnya asal Myanmar yang ditampung sementara di lokasi itu untuk pindah dari desa mereka. UNHCR dan Rohingya dianggap tidak mematuhi syariat Islam selama menetap di lokasi itu.

Sekadar diketahui sebanyak 229 pengungsi Rohingya itu kini ditampung sementara di bekas kantor imigrasi setelah mendapatkan izin dari Dirjen Keimigrasian RI.

Sebelumnya sebanyak 110 pengungsi Rohingya terdampar di perairan Desa Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara dan 119 warga Rohingya kembali terdampar di perairan Desa Bluka Teubai, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

|DIMAS |KOMPAS

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 64 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Tu Sop Jeunieb Serahkan Bantuan HUDA Peduli Turkiye Sebesar Rp 223.091.000

15 April 2023 - 15:58

Selama di Lhokseumawe, 7 Kali Rohingya Kabur dari Penampungan

1 January 2023 - 15:06

Sebulan di Laut, 57 Rohingya Akhirnya Terdampar di Aceh Besar

25 December 2022 - 15:06

Lagi, 4 Rohingya Kabur dari Penampungan Lhokseumawe

20 December 2022 - 16:14

Polisi Cegat 3 Penjemput Rohingya Kabur dari Lhokseumawe

15 December 2022 - 13:41

Puluhan Rohingya Kabur dari Penampungan Lhokseumawe

14 December 2022 - 14:51

Trending di Luar Negeri